BEDA HARD DISK ATA, SATA DAN SATA II

Pada suatu sore, Zeen lagi nongkrong di sebuah toko komputer. Tiba-tiba ada seorang konsumen masuk dan bertanya sama yang punya toko, "mas, ada hard disk ?" , "ada, nyari yang ATA atau yang SATA ?" tanya si penjaga toko. "yang SATA, mas", "eh... mas beda hard disk SATA dengan yang SATA II itu apa ?" tanya konsumen tersebut. "sama aja mas, kalo di motherboard kan biasanya ada tulisannya SATA 1, SATA 2 dst.." jawab si mas penjaga toko. Lalu terciptalah proses tanya jawab yang ga nyambung antara mereka berdua :) .
Sebenarnya saya pengen ikut menjelaskan, tetapi ga' enak hati sama mas nya yang jaga toko, tar dia nya malah jadi malu.
Secara fisik pasti terlihat perbedaan yang mencolok antara hard disk ATA dan SATA yaitu pada konektor nya, tapi kalo SATA dengen SATA II secara fisik tidak terlihat bedanya. Perbedaan lainnya adalah pada speed transfer data nya, berikut list perbedaan kecepatannya,
ATA-6 -- 100Mbyte/sec*
ATA-7 -- 133Mbytes/sec*
SATA -- 150Mbytes/sec*
SATA II -- 300Mbytes/sec*
SATA III -- 600Mbytes/sec*
*maximum transfer rate

 

 Nah, sudah jelas belum ? semoga post ini dapat menambah pengetahuan kita.
Salam sukses, Zeen Computer

Tips dan Trik Komputer Hardware dan Software

Komentar

  1. nah ini q br jelas bgt om,,,,krn ada gambary....thx,,mzbrow

    BalasHapus
  2. kadang kita menyebut HDD ATA dengan HDD IDE apakah itu memang sama ata ada perbedaannya?
    terimakasih

    BalasHapus
  3. @de hoppus : itu yg dimaksud sama kk HDD IDE = HDD ATA, istilah IDE/EIDE muncul sebelum HDD SATA keluar :)

    BalasHapus
  4. kalau slotnya ada bedanya ga mas?
    soalnya ada yang bilang slotnya juga beda jenis... saya jadi bingoeng...

    BalasHapus
  5. @EbOnG DunK : hehehe... kalo slotnya jelas beda dong mas. salam kenal mas EbOnG DunK n tq sudah kasih komeng hahaha... ^-^

    BalasHapus
  6. Slot sata dengan sata2 ada bedanya ga mas? Trus saya mau ganti hdd sata ke ssd, apa saya bisa pake ssd sata atau ssd sata2? Trima kasih

    BalasHapus
  7. Slot sata dengan sata2 ada bedanya ga mas? Trus saya mau ganti hdd sata ke ssd, apa saya bisa pake ssd sata atau ssd sata2? Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau secara fisik tidak ada bedanya mas, SATA dan SATA2 setau saya cuma beda di performa transfer datanya saja.

      Hapus
  8. mau nanya mas, misalnya laptop saya pakai SATA I, bisa ngga diganti jadi SATA II?

    BalasHapus

Posting Komentar

Ayo, Silahkan kasih komentar tentang artikel di blog Zeen Computer ^_^

Postingan populer dari blog ini

UPDATE SMADAV TERBARU VERSI 8.7

MS WINDOWS BARU, MS WINDOWS 8