Tips Ringan Merawat CPU



Sering saya menemui komputer dengan cpu yang minta ampun debu nya,  padahal hal2 yang kurang kita (user) perhatikan seperti ini bisa menjadi sebab awal dari kerusakan cpu kita.
Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa sedikit membantu anda untuk melakukan perawatan ringan dirumah,

  1. Pastikan fentilasi ( biasanya ada lubang2 kecil di cassing sebelah kiri dan belakang) tidak tertutup atau terhalangi, hal ini mengakibatkan tidak adanya sirkulasi udara didalam cpu dan mengakibatkan panas yang berlebih didalam cpu.
  2. Selalu hubungkan cpu dan monitor ke UPS, lebih baik lagi bila UPS tersebut sudah termasuk Stabilizer didalamnya. UPS mencegah pengaruh sering naik turunnya tegangan listrik dan bila listrik tiba2 padam kita masih mempunyai waktu 10-15 menit untuk mematikan komputer secara aman.
  3. Bersihkan debu didalam cpu secara berkala, debu bisa saja masuk melalui fentilasi cassing dan menempel di motherboard, ram, dan perangkat lain yang ada didalam cpu, hal ini akan menyebabkan komputer sering ngadat, panas berlebih, hang, bahkan bisa saja terjadi konsleting.
  4. Hindari terkena air, hati2 jika menaruh minum didekat perangkat komputer, karena bila tumpah dan mengenai perangkat2 komputer maka... tahu sendirilah akibatnya... konslet boo... :)
  5. Hati2 jika internetan pada musim hujan dengan petir yang menyambar2, karena akan berakibat fatal pada komputer anda.
  6. Untuk perawatan sistem, selalu update anti virus yang ada.
  7. Defrag hardisk minimal 1 bulan sekali, untuk mengecek hard disk dan menata posisi file di hard disk.
  8. Jauhkan monitor dari medan magnet yang kuat, karena akan sangat mengganggu performa monitor dan cpu anda.

Mungkin tips2 tersebut bisa berguna untuk anda, pesan saya jika sakit berlanjut segera hubungi dokter terdekat, Jika komputer anda bermasalah ZEEN COMPUTER siap membantu anda. :)
All u need about Blogs,Computer Tips & Trik,Healty Style,Marketing

Komentar

Posting Komentar

Ayo, Silahkan kasih komentar tentang artikel di blog Zeen Computer ^_^

Postingan populer dari blog ini

BEDA HARD DISK ATA, SATA DAN SATA II

UPDATE SMADAV TERBARU VERSI 8.7

MS WINDOWS BARU, MS WINDOWS 8