SATA MODE AHCI DAN MODE IDE

Sering kali ada pertanyaan "Mas, beda sata mode AHCI dan IDE apa ya ?" pada awalnya bingung juga nyari jawaban, tapi akhirnya ketemu juga jawabannya.
Hal ini sering kita temui di laptop-laptop baru dengan hardisk sata, setingan defaultnya biasanya AHCI kalo dalam mode ini biasanya akan ada kesulitan saat menginstal sistem operasi windows yang belum terintegrasi dengan driver sata, makanya sebelum menginstal ulang ubah dulu ke mode IDE supaya harddisk nya terbaca seperti harddisk ata.
Apa itu AHCI
Advanced Host Controller Interface (AHCI) adalah sebuah antarmuka pemrograman aplikasi yang dibuat oleh Intel yang memasukkan operasi Serial ATA host bus adapter.
Dengan menggambarkan spesifikasi struktur memori sistem untuk vendor perangkat keras komputer agar dapat bertukar data antara system host memori dan perangkat penyimpanan data.
AHCI memberikan desainer pengembang perangkat lunak dan perangkat keras metode standar untuk mendeteksi, konfigurasi, dan pemrograman S-ATA / AHCI adapter.
Banyak pilihan S-ATA yang menawarkan modus operasi: legacy Parallel ATA emulation, standard AHCI mode, atau vendor-specific RAID.
Intel merekomendasikan memilih modus RAID dan mengaktifkan AHCI pada motherboard miliknya dan vendor-vendor lainnya daripada hanya memilih AHCI / S-ATA mode untuk fleksibilitas maksimum, karena banyak masalah-masalah yang disebabkan ketika hanya memilih AHCI / S-ATA mode saat diaktifkan pada sistem operasi sudah terinstal.
IDE (Integrated Drive Electronics) ;
Standar lama yang masih ada. Murah, dan terintegrasi dengan MB merupakan alasan teknologi ini teta p ada.Jumlah IDE ada 4 buah tiap MBKoneksi dengan kabel pipih 80 pininterface yang bottleneck dan menghambat panas
SCSI (Small Computer Standard Interface) Kecapatan 160 mb/detik Jenis SCSI (SCASI I, Wide SCSI, Ultra wide)Menggunakan card tersendiri MB teknologi baru sudah menyertakan card SCSInya . SCSI biasanya digunakan untuk system server, yang menuntut kinerja tinggi Sistem SCSI dikenal dengan teknologi RAID,sistem penyusunan, penulisan, keamanan dengan beberapa HD. RAID (Redudancy Array of Independent Disk), merupakan sekumpulan diskdrive yang dianggap oleh OS sebagai drive tunggal.Recovery dan security menjadi prioritas.
Pemasangan Kabel IDE terdapat strip warna merah Power supply ditancapkan bersebelahan atau sejajar dengan warna merah pada kabel IDE Jika salah komputer tidak akan booting Lakukan deteksi HD lewat BIOS.


Salam, zeen computer


Tips dan Trik Komputer Hardware dan Software

Komentar

Posting Komentar

Ayo, Silahkan kasih komentar tentang artikel di blog Zeen Computer ^_^

Postingan populer dari blog ini

BEDA HARD DISK ATA, SATA DAN SATA II

UPDATE SMADAV TERBARU VERSI 8.7

MS WINDOWS BARU, MS WINDOWS 8